Senin, 29 November 2010

Selamatkan Jakarta Sebelum Tenggelam



Menurut pendapat para ahli dari Indonesia 25% Wilayah Jakarta akan tenggelam di tahun 2030. 

Hari ini, jalur dari Ancol ke Tanjung Priok terputus akibat intrusi air laut.  Penyerapan air di Jakarta makin tinggi karena eksplorasi air tanah. Air laut masuk ke daratan Jakarta dengan sangat cepat. Ini bisa menjadi sangat berbahaya. 

Pada mulanya, struktur tanah Jakarta padat, tetapi akibat tingginya konsumsi air tanah, menyebabkan muncul rongga yang cukup besar di dalam tanah. Kemudian air laut merembes masuk ke dalam rongga tersebut. Karena struktur kepadatan tanah Jakarta tidak sebaik dulu, menjadi rentan amblas dan retak.

Permukaaan tanah Jakarta sejak dulu memang lebih rendah dari permukaan air laut. Saat ini penyerapan air laut terjadi dengan sangat cepat, 

Ada dua alasan yang menyebabkan Jakarta akan segera tenggelam jika tidak ada perbaikan sistem yang menyeluruh.

  • Pertama, tanah Jakarta memiliki beban bangunan yang begitu tinggi. “Semakin tinggi bangunan, maka semakin besar kuantitas air yang dibutuhkan. Selain itu, kemungkinan besar tidak sanggup menahan beban karena tidak lagi padat.”
  • Kedua, eksploitasi air tanah yang berlebihan. PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Jakarta hanya mampu menyediakan 70% jumlah kebutuhan air masyarakat. “Sisanya masyarakat sendiri yang mencari. Salah satunya dengan konsumsi air tanah.” Bersiaplah untuk yang terburuk, 25% wilayah Jakarta Tenggelam di tahun 2050, KECUALI bila kita semua terpanggil untuk MENYELAMATKAN JAKARTA!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar